RSS

[salah kaprah] Beda game bergenre Sandbox dengan Open-World

21 Jun

Yak, masih pada bingung bedain sandbox dan open-world
Jangan ikuti yg kebanyakan beredar, tp ikutilah yg benar :p

  1. sandbox dan open world itu termasuk dalam gameplay non-linear. (cek wikipedia bwt lebih jelas)
  2. sama-sama punya free roam.
  3. Biasanya game dengan style free roam gini disebut sandbox. (ada bbrp sitasi dr penelitian dan buku terkait statement ini, cek aja deh di wiki)
    Namun, sebuah konsep game dgn gaya “open-world” belum tentu game tersebut bergenre sandbox.
  4. Karakteristik di dalam game sandbox itu ya spt yg mas David jelasin : bisa bebas kustomisasi, gak cuma karakter, ntah dunianya, tujuannya, pokoknya semau si gamer. Sbg contoh : minecraft itu termasuk sandbox.
  5. Kalo open-world, ada batasannya kayak MGSV, Tales of series, AC series.

Lah, terus knapa di GTA V dan WD jg masih terbatas? gk bisa ganti kolor doang di butik/toko pakaian, atau nongkrong makan di pinggir jalan? Padahal ada bangunan toko pakaian dan restoran, tp gk bisa dimasukin bebas pilih atau ngancurin tokonya ?! 

maksud bebas kustomisasi di sini adalah..
pemain mempunyai peralatan untuk memodifikasi dunianya si tokoh utama di dalam game dan membuat cara tersendiri dalam bermain. Ya itu tadi, kayak Minecraft dan Garry’s Mod.

Jadi, GTA V dan WD itu termasuk “open world” bukan “sandbox”

 

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Nonlinear_gameplay
http://www.sandbox-games.net/about/
http://en.wikipedia.org/wiki/Open_world
http://www.giantbomb.com/forums/general-discussion-30/whats-the-difference-between-open-world-and-sandbo-421692/
http://www.jasoncarabelli.com/sandbox.html

 
Leave a comment

Posted by on June 21, 2014 in Celoteh, Hobby

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: