Dapetin kerja remote?

Beberapa hari ini sering dapat pertanyaan gimana dapet klien luar negeri, gimana caranya?

Gini, ngeliat orang mungkin sama seperti liat rumput tetangga lebih hijau, yang kita liat belum tentu nampak seperti dugaan atau ekspektasi kita.

Saya kasih tau pahit-pahitnya dulu:

  1. Kerja remote butuh konsistensi dan disiplin dari diri sendiri. Kalo kerja kantoran, kita ikuti aturan, masuk jam 9 pulang jam 5, gitu terus, sering telat kita kena SP. Nah kerja remote banyak yg beranggapan flexibel, padahal efek dari flexibel ini banyak orang yang gak siap.. ntah kebablasan jam kerjanya lebih dari 8 jam / hari, ntah malas2an akhirnya target molor, ntah jadi telat makan, istirahat gak teratur, dll. Banyak orang yg gak siap ini, dan akhirnya malah merasa rugi, beruntunglah orang-orang yang bisa bikin jam kerja konsisten walau remote.
  2. Kerja remote beda dengan kerja kantoran di urusan koneksi internet dan ruang kerja. Banyak teman-teman developer dan ui designer di sekitar saya yang gak siap kerja remote pas WFH, di antaranya gak bisa fokus kerja karena digangguin anak, gak bisa fokus kerja karena di rumah kadang gak enak duduk-duduk depan komputer dikira nganggur sementara istri sibuk ngurusin rumah, gak enak internet di rumah byarpet akhirnya ngungsi ke cafe. Bahkan ada teman saya yang akhirnya ngekos deket rumah, jadi dia sewa kost dan ditempati pagi sampe sore khusus kerja remote, sore pulang ke rumah padahal jarak rumah ke kost cuma bbrp ratus meter. Dan ada anggota tim saya yang saya gk pernah ajak proyekan luar negeri tetapi saya ajakin kerja proyek lokalan saja karena dia tinggal di desa yang sering mati listrik seminggu sampe 5x, tapi skillnya bagus. Saya pribadi malah langganan internet sampe 3 provider (indihome, first media dan smartfren) biar gak ada alasan “maaf, pak, progress telat internet mati”.
  3. “Kok susah ya tembus Upwork.. boro2 Upwork, Fiverr aja gak tembus”. Daripada pusing mandek di situ, coba dulu perluas komunitas lokal dan luar, main-main di Stackoverlow, rajin jawab kasus, main-main di forum programming lokal, rajin jawab kasus, lama kelamaan personal branding kebentuk. Bukan kita yang nyari kerja, tapi kerjaan yang nyari kita. Bahkan tawaran mengisi seminar atau workshop bisa didapati. Nah, kebanyakan jaman sekarang maunya instant. Japri minta kerjaan proyek LN, ditanya punya pengalaman tidak, dijawab gak pernah. Percayalah banyak tips yg beredar “kiat sukses tembus upwork” hanyalah angan2 belaka kalo gak punya portofolio, minimal portofolio lokalan, minimal sudah dikenal di komunitas di dunia kerjaan kita dulu. Dan yang portofolio banyak pun kadang butuh bertahun-tahun pecah telor. Apalagi yang gak ada pengalaman sama sekali. Sabar aja, pelan-pelan, nikmati proses mumpung sempat, gak semua jalan itu sama nasibnya. Kalo mau berjuang maka jangan menyerah dan terus berproses, bukan nunggu datang kerjaan datang sendiri.
  4. Perbaiki attitude. Saya beberapa kali ngasih kesempatan buat yang muda2 yang punya potensi dan skill bagus, tapi ternyata attitude kurang. Komunikasi saja payah. “Emang jaman sekarang gen Z gitu, mas, bahasa singkat, gk ada sapaan”. Ok, silakan terapkan di LN. Coba ketemu klien dari Eropa, “lu gak sopan, lu gk bertahan”. Ada designer tim saya pernah kena depak dari tim gara-gara dia japri si klien bilang kalo saya ambil bagian/dipotong punya dia, padahal saya bayar full. Saya jg terang2an soal gaji. Gara2 itu, klien langsung bilang ke saya “Widy, i block this guy and i want you cut this person from your team, he go behind your back after you give him job, he has short term of mind, not professional”. Ada jg yg gak sopan gak sapa nama atau sapaan “sir”. Jangan dikira kayak di pilem2 barat. Dan jangan juga ngemis2 minta kerjaan tambahan, ini jelas annoying. Dengan sesama anggota tim juga mesti saling respect, ada beberapa case anggota tim saya gk tahan dgn satu orang karena kurang sopan, meremehkan skill orang lain bahkan berani “ngegoblok2in”, padahal yg diajak bicara itu senior yg pengalamannya jauh di atas dia, akhirnya saya cut daripada timnya rusak. Jadi sebelum terjun ke dunia proyek jarak jauh yg tatap muka jg jarak jauh, belajar dulu attitude yg bagus secara tertulis dan verbal. Klien luar juga kalo marah ada yang super kasar, kalo kitanya gak sabaran, ya wis bye-bye, maka mesti bisa mendinginkan situasi dan belajar berbahasa yang elegan.
  5. Kerja proyek sama resikonya kayak kerja di startup, potensi kena layoff besar. Beda dgn PNS. Kerja proyek bersaing terus, kadang klien kalo ketemu ada yg lebih baik dari negara lain, ya kita di-cut. Ada jg yg tinggal kabur gitu aja. Ada yg bayaran seret. Sama aja kayak klien Indonesia. Mesti siap yang kayak gitu. Kalo saya dulu modelnya masih pakai termin (sampe sekarang masih, khusus klien Indonesia aja), kalo sekarang dengan klien luar mesti di proposal saya mengajukan monthly-based, dengan scope of work dan milestone tiap bulannya jelas, agar klien tidak seperti beli kucing dalam karung. Maka dari itu mesti pinter nulis proposal, jangan ujug2 nembak harga tinggi cuma modal googling di internet, padahal kita belum analisis masalahnya apa dulu yang diceritakan klien. Dan perlunya mengelola keuangan sendiri dengan baik, karena kerja remote gak mudah, bayaran kadang gk ontime, kasian keluarga kalo gk termanage dgn baik keuangan.
  6. Kerja remote gak cocok buat yang mentalnya masih disuruh-suruh atau gak punya inisiatif. Ada beberapa kasus di tim saya, yang anggotanya mandek, dia nunggu dikasih kerjaan, kalo gk dikasih diem aja, abis diassign kerjaan, langsung gk ada kabar, tau-tau done. Pas diuji ternyata salah. Apa yang salah di sini? Komunikasi dan inisiatifnya kurang. Kalo gk ada kerjaan segera komunikasi dan minta ke lead. Gak usah ragu. Yang penting progress harian produktif, jangan ala kadarnya padahal banyakan gabut, yang model gini biasanya gak bertahan lama di tim, kerja jarak jauh perlu komunikasi. Apalagi, misal kerjaan gk bs mencapai target due date, diem aja, gak dikasih tau kalo gak ditanya, gak ngabari masalahnya apa, atau minimal kasih tau kalau misal target due date gk masuk akal, kasih alasan yg logis dg attitude yg baik. Profesional dijaga dalam urusan komunikasi.

Nah sudahkah kita teruji dengan hal-hal tersebut?

Jika belum, bersabar, coba dulu terapkan di sekitar, minimal lokalan dulu, jangan minta cepet dapet kerjaan luar negeri.

Saya pribadi mulai kerja remote sejak 2011 itupun klien Jakarta, kerja dari Jogja. Pengalaman yang mengasah kita.

Disclaimer: ini saya cerita subjektif, beda orang beda pengalaman, beda orang beda jalan. 🙏🏻😁

One thought on “Dapetin kerja remote?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.