Karir

Bisa dibilang karir saya ini tidak berjalan dengan rencana.

Habis lulus kuliah pengen bisa kerja di BUMN, karena ngeliat bokap bisa sukses menyekolakan anak-anaknya sampai kuliah. Dan waktu itu saya punya pacar pengen melamar si pacar. Ternyata tidak sesuai kenyataan. Saya diterima kerja sebagai fullstack php programmer di swasta Singapore, gaji saya cuma 3juta di Jakarta tahun 2009.

Gak lama dari itu ngejomlo dan ditinggal nikah haha. Sempet stress. Bangkit lagi, malah ditawarin kerja jadi developer .net, dan ini titik balik saya mengenal dan mencuri ilmu manajemen proyek.

Dari sini gaji saya perlahan naik jadi 5 juta 2010 dan jomlo akut bahkan sempat ditipu seorang cewek.

Dari sini, saya ngeliat ada iklan HP Android pertama kalinya 2010, dan tertarik beli Xperia X10 dengan OS Android 1.5 (donut). Dan teman kantor gak ada yang punya HP Android melainkan saya, karena masa-masa cemerlangnya Blackberry kala itu.
Dari sinilah titik baliknya, pengalaman nyari proyek sudah dapet, ada potensi pasar Android pula. Belajarlah saya bikin app kecil-kecilan, pake tutorial bahasa Indonesia pula yang waktu itu saya dapat dari tutorial blog pak Agus Haryanto. Bermodal itu, belajar bikin macem-macem. Sampe bulan ramadhan ada yang request bikin app waktu sholat, saya bikin manual, databasenya pun saya masukin manual pake imsakiyah dari selebaran 😅
Dan makin lama beberapa teman support, bikin yang dinamis.

Selang beberapa lama, ortu nelpon, kenapa gak lanjut S2 saja, ortu waktu itu bantu biaya kuliah, jadi gak dari beasiswa, dan sedikit pakai uang pribadi buat biaya hidup di Jogja.
Akhirnya saya resign dari kantor yang mengajarkan saya asp .net, java, oracle, project management, mengenalkan saya ke klien-klien bank, dll.

Dan benar adanya, sampai di Jogja, ex-klien kantor malah nyariin ditawarin project personal, waktu itu ditawarin pak Dadang Purwaganda dari divisi MM BNI46 Pusat.
Dari kerajinan proyekan ini, S2 saya ndag fokus, malah lebih menarik kehidupan proyekan saya daripada kuliah. Jarang masuk kelas juga. Saya merasa terjebak dan salah masuk kelas karena waktu itu di S2 malah fokus belajar AI, mata pelajaran yang gak related dengan dunia karir saya, padahal pas voting pilih “pervasive”, ternyata suara terbanyak “AI”. Ya sudah akhirnya menjalani kehidupan yang tidak sesuai selera dan rencana.

Sampai di sini karir saya jatuh bangun, join bikin startup, gak sukses, ikut event macem-macem, gak menang, terus dengan partner startup cekcok karena saya merasa diperalat bikin software tapi dengan bayaran cuma-cuma, mending saya proyekan.
Sampai pada akhirnya, ex teman saya dari kantor yang sama garap pake .net kontak saya, dikenalinlah dengan ustaz Lutfi (alm), almarhum ke Jogja waktu itu traktir saya makan gudeg, saya dikasih lihat visi-visi alm ust. Lutfi, saya tertarik sekali
Awalnya tawaran ini saya lempar ke temen, karena saya sibuk dengan kuliah dan proyek, ternyata temen kurang pengalaman. Akhirnya saya rombak dan garap semua dari awal, sampai dengan 5 aplikasi saya garap buat Pusat Kajian Hadis.
Berkahnya? nama saya makin dikenal karena Android, tawaran ngajar, tawaran ngisi seminar dll berdatangan, dari kampus luar Jogja sampai dalam kota Jogja sini, hampir semua kampus di Jogja pernah mengundang saya, kecuali beberapa kampus swasta.
Dan sampai ex-teman kuliah message FB, “Wid, ada temenku adek kelas kita, nyari tentor buat belajar Android. Bisa bantu gk?”
Tau kenapa? saya tau adik kelas ini, saya tau dia cantik, saya tau dia dekat dengan salah seorang dosen. Loh kok niatnya malah beda? maklum jomlo akut.

Akhirnya dia kontak, saya deg-degan, sayapun langsung ke toko buku, nyari beberapa buku pemrograman Android memang niatnya dikasih ke dia, agresif ya saya? hahaha
Dan pas kontak-kontakan, dia kontak secara sopan layaknya adik kelas kontak ke kakak kelas. Saya diceritakan masalahnya, langsung nyambung.

Dan akhirnya saya mampir ke kost-annya di Lodadi, dekat kampus. Saya ketemu di depan masjid untuk pertama kalinya bertegur sapa langsung, degdegan? asli. Ya akhirnya ya semua biasa saja.
Sampai di sini, saya coba kepo ke teman-teman nongkrong saya yang kebetulan kenal dekat dengan dia, teman bilang “wah, percuma wid, itu ada 2 cowok yang nyoba deketin dia, kamu kalah start”
Hopeless sudah, ya wis nyerah.
Sampai di sini saya nyoba ngikut alur saja, bahkan sampai tahap ini berlalu berbulan-bulan sempat deket dengan seorang wanita dari Binus. Tapi ya gak pernah ketemu langsung, ngobrol juga di status doang. Sudah.

Saat semua berjalan biasa saja, kuliah saya jalan biasa saja, karir proyekan saya juga ke sana ke mari, sampai sering ke Jakarta, Sukabumi, Bandung, dll, diundang seminar dll. Akhirnya ada masa saya ke Google Dev Fest, eh ketemu dia lagi, adek kelas bimbingan saya, ketemu di GDF Jakarta.
Gak tau kenapa, adek kelas ini deket, duduk di samping saya, saya ke-GR-an.
Setelah event, saya merasa “inilah jodoh saya”, saya berdoa kepada Allah, “semoga dia jodoh saya”. Saya pulang ke rumah kakak, dia pulang bersama rombongan teman kampusnya naik bis.

Sampai kembali ke Jogja, semua di sosial media Plurk, saya membaca kegalauan status dia, ada pak dosen, pak Irving juga waktu itu yang “ngomporin” sampai pada moment, saya dikomporin pak Irving buat jemput dia di stasiun buat dianter ke kostan dia.
Well, dia lagi patah hati, tapi saya mencoba layaknya teman berusaha ngobrol ngalor ngidul biar dia gak sedih.
Sampai pada titik, saya diminta bimbing skripsi dia, sore hari di kafe Nanamia Pizza, dia copy lagu koleksi album Laruku, dan nyambung ngomong macem-macem. Dan kami pisah. Malemnya saya SMS, “kamu mau gk aku lamar?”
😅😅
Akhirnya dia menolak “maaf, mas, aku lagi taaruf dgn seorang dosen”
Patah hati deh 😭😭
Nah, sampai di sini saya ngalor ngidul aja sama temen, main game xbox360 semalem suntuk dll hahahha
Dan gak lama dari itu saya dihubungi temen, Ronny, “aku di BTC ngajar dia pemrograman Android, wid”
lah.. kok, jadi dia gak mau diajarin aku lagi? 😞

Dan gak sampe di situ, akhirnya ngobrol dengan temen, sampe pada ujungnya, saya bertukar posisi, jadi pengajar dia dan temannya di BTC.

Inilah awal momennya. Sampai akhirnya sayapun kaget, saya bertemu si dosen di BTC hujan-hujan, dan ada dia juga, saya ndag paham apakah disebut perusak hubungan? karena gosip yang beredar seperti itu. Padahal aslinya tidak demikian.

Besoknya, bapaknya dia telpon saya, ternyata dia cerita soal saya ke bapaknya, termasuk SMS yang ku kirim beberapa waktu lalu. Intinya bapaknya dia pengen ketemu saya.

Saya telpon ortu, saya bilang ke ortu, “pak, Agung pengen melamar anak orang”,
ortu kaget bukan kepalang, gak ada angin, gak ada hujan, ortu saya taunya saya jomlo, tau-tau pengen ngelamar anak orang.
Saya masih S2, dia juga lagi skripsi.
Sampai di kotanya dia, sayapun diajak ngobrol, alhamdulillah diterima, malah saya ingat ditraktir sate gule yang maknyus.

Dan selang 2 bulan kemudian, ortu sayapun saya ajak ke Jogja, kenal langsung deh dia ke ortu saya, alhamdulillah diterima dengan baik, di kotanya dia, ortu saya dan ortu dia sepakt buat selesaikan kuliah dulu.
Sayapun semangat. Diapun semangat menyelesaikan kuliahnya, alhamdulillah, dia cumlaude.

Dan alhamdulillah, dia sekarang sudah 8 tahun menjadi istri saya. Dan alhamdulillah sudah 4 anak.

Perjalanan karirpun dari karyawan PKH, kemudian lanjut karyawan Digital Money (Dimo), sempat 2 tahun di Sinarmas dengan gaji tetap, kemudian sekarang di klien luar dengan gaji tidak tetap tapi pendapatan naik 3x lipat dari gaji tetap.
Dan sekarang saya sedang membangun tim yang solid dengan 14 orang berbeda yang tersebar di Jawa dan Sumatera untuk 3 project berbeda.
Jadi, benar-benar karirnya gak terencana.
😅😅

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.