RSS

Menantang diri sendiri

01 Apr

Sebenarnya hidup menjalani banyak hal ada suka dan dukanya kan? Tentunya…!

Dikala seseorang menjadi seorang suami, seorang karyawan, seorang freelancer, dan atau juga seorang mahasiswa. Masing-masing mempunyai jatah waktu yang harus dijalani. Dan ketika harus menjalani semuanya sekaligus bagaimana?

Mungkin pernah diri pribadi mendapatkan “perselisihan hati”, ada kalanya iri melihat orang lain yang waktunya bisa maksimal di satu dan dua hal. Ada kalanya iri melihat teman-teman yang sudah lulus sekolah dengan waktu yang cepat dan topik yang mudah. Adakalanya iri dengan orang lain yang mencapai kesuksesan sampai go international. Ada kalanya saat-saat membagi waktu dengan keluarga menjadi terganggu karena pikiran berada pada kewajiban-kewajiban yang lain.

Nah yang seperti itu terkadang membuat diri pribadi menjadi jenuhpatah semangat dan bahkan berbalik arah meninggalkan apa yang sudah dikerjakan, dan sayangnya sudah separoh jalan, kemudian ditinggalkan.

Ketika yang seperti itu datang adakalanya butuh yang namanya refreshing, ketika sudah dilakukan. Cobalah shalat, istighfar dan merenung setelahnya…

Tidakah berpikir bahwa apa yang mereka raih itu sudah jalannya? mereka meraihnya sesuai dengan usahanya. Jadi, tidak usah risaukan orang lain. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan sekarang. Kerjakan apa yang jadi kewajiban dan dibarengi niat ibadah. Apa yang sudah ada saat ini, langkah yang telah dilalui sampai saat ini.. sudah ketentuan dari-Nya, karena semua terjadi atas izin-Nya. Jadi buat apa risau?

Ketika mencoba seketat mungkin mengatur waktu, merasa waktu begitu sempit dan singkat, tetaplah teruslah berjuang…fokus pada perkara yang dijalani di satu waktu tersebut, dan menikmati prosesnya …dan sungguh akan terasa bernilai.

Pernah dapat motivasi bagus dari seseorang :

Untuk mencapai kemapanan, harus break the limit, lakukan usaha yang mendorong pribadi ini dr batas sekarang ini.

Ya, menantang diri sendiri. Pribadi yang berusaha menembus batas dan naik ke tingkat berikutnya. Di mana tidak akan mengambil hal yang biasa dihadapi/monoton, tidak mengambil langkah yang tidak memberikan pelajaran berharga untuk diri, tetapi melakukan hal-hal yang memiliki dinamika perubahan ke arah lebih baik..walaupun jalan yang dilalui sempit dengan waktu yang terbatas.

Satu hal lagi dari Albert Einstein :

“Kamu harus menguasai aturan dari permainan, dan kemudian kamu bisa bermain lebih baik daripada orang lain.” — Albert Einstein

Dengan begitu, diri pribadi tidak akan bergantung pada orang lain, menjadi follower bagi orang lain. Biarlah jalan yang kita lalui itu terkadang membuat kita jatuh, gagal, sakit-susah…namun, dari situ kita jadi belajar, dan apa yang dirasakan akan menjadi terbiasa menghadapi kerasnya hidup. Biarlah orang lain mendapatkan apa yang ia dapatkan sekarang. Itu jalannya. Tapi apa yang kita dapat sekarang, menjadi bekal buat break the limit diri kita untuk mencapai tujuan yang lebih besar lagi.

Seperti kata Imam Syafi’i :

“Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan” — Imam Syafi’i

Melakukan 2 atau 3 usaha ya tidak mengapa, asalkan usaha tersebut akan mengarah pada usaha utama. Dan tentunya menjadi terintegrasi dan fokus. Mengapa demikian? tidak kah kita berpikir bahwa sesuatu yang besar itu diawali dari sesuatu yang kecil?

“A journey of a thousand miles begins with a single step”. — Lao Tzu

Dan satu hal lagi, jadilah pribadi yang positif, jarang berpikir negatif maupun pesimis. Kesempatan itu ada bagi mereka yang tidak takut bermimpi.

 
Leave a comment

Posted by on April 1, 2014 in Islam

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: