RSS

Tips Seputar Menulis Laporan Penelitian atau Tugas Akhir

16 Jun

Tugas akhir menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi mahasiswa yang ingin melengkapi langkahnya menuju Sarjana. Berikut ada beberapa tips sederhana seputar menulis laporan penelitian yang setidaknya bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas akhir. Dan untuk menghindari banyak revisi dalam hal tulisan.

Pahami dahulu setiap bagian dari tugas akhir, misal pada BAB I Pendahuluan yang umumnya berisi :

  • latarbelakang masalah,
  • rumusan masalah,
  • batasan masalah,
  • keaslian penelitian,
  • tujuan penelitian,
  • manfaat penelitian,
  • sistematika penulisan.

Biasanya mahasiswa sering kali menuliskan latarbelakang yang tidak berhubungan dengan topik Tugas Akhir yang ia akan jalankan. Latarbelakang haruslah menjadi bagian pengantar yang mendasari mengapa Tugas Akhir tersebut harus dilakukan.

Kemudian pada bagian rumusan masalah semestinya harus mengungkapkan sesuatu yang penting yang menuntun pada penyelesaian masalah. Bagian ini kadang-kadang berupa suatu pertanyaan yang akan dijawab melalui penelitian. Bentuk kalimat Rumusan masalah adalah kalimat deklaratif (problem statement), bukan kalimat tanya (research question). Sedangkan pertanyaan harus ditempatkan di bagian pertanyaan Tugas Akhir.

Untuk bagian batasan masalah, harus diperhatikan dengan cermat oleh si mahasiswa, karena bagian ini membantu mahasiswa agar penelitian atau Tugas Akhir yang ia lakukan, lebih mudah dalam penarikan kesimpulan serta menjaga agar mencerminkan permasalahan yang dihadapi. (Dengan kata lain, agar permasalahan dan cakupan masalah yang dihadapi di dalam Tugas Akhir tidak melebar atau keluar jalur)

Untuk bagian tujuan dan manfaat, mahasiswa sering kali terbalik mengungkapkan tujuan dan manfaat. Tujuan tidak sama dengan manfaat. Tujuan itu mengungkapkan target apa yang hendak dicapai oleh mahasiswa dalam penelitian atau Tugas Akhirnya tersebut. Tujuan penelitian juga tidak bersifat pribadi, jadi harus dihindari tujuan dari sisi mahasiswa, tetapi tujuan mengapa penelitian itu harus dilakukan.
Sedangkan manfaat, menekankan pada manfaat apa yang didapat diperoleh dari hasil penelitian tersebut (lebih kepada perkiraan apabila tujuan penelitian tercapai), dan lagi-lagi tidak secara pribadi, namun umum, misal manfaat untuk user yang menggunakan software yang sudah dikembangkan, dan sebagainya.

Dan terakhir, sistematika tulisan ini mengungkapan setiap urutan bab yang terdapat dalam Tugas Akhir yang disertakan penjelasan singkat dari masing-masing bab tersebut.

Ada hal lain juga yang harus diperhatikan mahasiswa Tugas Akhir, yaitu :

  • penggunaan kata-kata dalam bahasa indonesia yang baku, penulisan kalimat sesuai standar kalimat : SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan), dan apabila terdapat istilah asing, harus dicetak miring (italic);
  • hindari penggunaan kata yang tidak perlu, atau bila perlu hapus saja agar menjadi kalimat yang sederhana. Biasanya sering dijumpai, mahasiswa menuliskan kalimatnya memiliki kata yang berulang seperti kata : agar, supaya, namun, tetapi, dll. Yang tidak pas apabila dibaca;
  • pahami perbedaan imbuhan di- dan kata depan di. Sering kali dijumpai mahasiswa tidak mengerti apakah di yang dipakai adalah imbuhan atau kata depan yang menerangkan tempat. kata “diatas” adalah keliru, karena kata tersebut menunjukan arah/tempat, berarti bukan memakai imbuhan di-, tetapi kata depan di. Sehingga, kalimat yang benar adalah “di atas”. Kata “di mulai” juga keliru, yang benar adalah dimulai, karena mulai bukan menunjukan tempat, melainkan kata kerja. Dan masih banyak contoh lain, jadi harap diperhatikan ya🙂
  • hal lain adalah menuliskan kata yang kurang pas. Seperti : “data-data yang dipakai”, padahal data adalah kata jamak.  Jadi yang benar adalah : “data yang dipakai”
  • apabila ada dua kata : tanggung jawab bertemu awalan dan akhiran, misal : di- dan -kan. Yang benar adalah dua kalimat tersebut melebur menjadi : dipertanggungjawabkan, bukan dipertanggung jawabkan. Dan masih banyak contoh lain😀
  • apabila ada dua kata dalam kata bahasa asing yang ternyata terdiri dari satu kata atau sebaliknya, misal : database. Yang benar adalah : basisdata, bukan basis data. Ada pula contoh lain, remote : yang benar adalah : jarak-jauh, bukan jarak jauh.
  • Biasakan ketika sudah menyusun satu bab dalam laporan Tugas Akhir, dicetak, kemudian jangan langsung dibaca.😀 Coba jalan-jalan santai sejenak, refreshing atau melakukan aktivitas lain, kemudian ketika pikiran santai. Coba baca kembali bab laporan Tugas Akhir yang sudah kamu cetak, biasanya akan menjadikan si mahasiswa menyadari bahwa kalimat atau paragraf yang ia susun itu keliru, nah dari situ, tandai setiap kekeliruan dalam penulisan, lalu lakukan corat-coret untuk me-revisi laporan Tugas Akhirmu. Jika sudah, coba dibaca lagi, apakah sudah pas susunan kata dan kalimatnya di dalam paragraf, apakah satu paragraf dengan paragraf yang lain berhubungan atau tidak. Dan baru deh, menghadap dosenmu dengan yakin dan percaya diri.🙂

Semoga tips-tips ini dapat membantu.

Sumber dari semua ini adalah dari perkuliahan Metodologi Penelitian oleh Pak Abdul Kadir dan Pak Insap Santosa, dosen-dosen JTETI UGM. Tidak sepenuhnya ditulis, namun disampaikan seadanya. Apabila ada kekeliruan di dalam penulisan artikel ini, itu murni kekeliruan penulis. Penulis mencoba menyampaikan dengan bahasa yang santai agar mudah dibaca, insyaAllah.🙂

Terima kasih.

 
3 Comments

Posted by on June 16, 2012 in Computer, Workit

 

Tags: , , , , , , , , ,

3 responses to “Tips Seputar Menulis Laporan Penelitian atau Tugas Akhir

  1. atik setia

    December 4, 2012 at 2:32 pm

    keren,,,
    🙂 thank’s infonya mas widy

     
  2. Nurul Mytha

    September 15, 2014 at 10:58 am

    terimakasiiihhhh🙂

     
    • WdNk

      September 15, 2014 at 12:06 pm

      sama-sama, semoga membantu.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: