RSS

NFC dan “internet of things”

19 Dec

Near-field communications (NFC) telah mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini. Banyak masyarakat telah memfokuskan perhatiannya ke NFC sebagai alternatif kartu kredit, namun sebenarnya NFC ini memiliki kemampuan lebih dari itu.

Di kehidupan nyata, teknologi komunikasi wireless jarak pendek ini memungkinkan kita untuk berganti cara berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Sebagai contoh : Google Wallet dan kemampuan NFC di Android telah difokuskan untuk fasilitas pembayaran.

Sebagai contoh, NFC dapat meningkat, lebih maju, dan berevolusi memasukkin layanan-layanan dan permainan-permainan (games). NFC juga dapat dengan mudah melakukan komunikasi antar device. Aplikasi yang menggunakan NFC untuk berkomunikasi antara pengguna smartphone  dapat melakukan ini dengan lebih mudah, lebih handal daripada Bluetooth atau pembaca barcode. Sebagai contoh : Hasable untuk sharing kontak dan DoubleTwist untuk sharing-MP3. Namun contoh-contoh tersebut hanya menyentuh permukaan kemampuan NFC.

Aplikasi yang handal dari teknologi NFC adalah Tag NFC. Didorong oleh keinginan penjualan konsumen, NFC memiliki kemampuan pembayaran lebih cepat dan lebih bebas kesalahan daripada barcode. Hal ini dapat dilakukan di penjual eceran yang memungkinkan konsumen untuk memeriksa harga, menemukan informasi yang lebih rinci dari sebuah produk dan menemukan produk komplementer. Dan tidak seperti barcode, Tag NFC dapat ditulis. Hal ini memungkinkan calon pembeli untuk mengekspresikan minat terhadap sebuah produk, meninggalkan komentar-komentar dan memeberikan informasi mereka untuk ditindaklanjuti oleh pedagang.

Karena Tag NFC lebih mahal daripada barcode atau tag RFID (sekitar lebih kurang $1 per volume), mereka dapat memakai cara ini untuk penjualan produk yang dengan kualitas-harga tinggi : Mobil, Elektronik, Peralatan Konsumen. Sebagai produk yang lebih mahal dengan pemanfaatan Tag NFC, ini tentunya dapat mengendalikan harga sewaktu-waktu harga barang tersebut turun di kemudian harinya. Apabila harga barang tersebut turun, Tag NFC akan membuat para pedagang memasang ke dalam produk yang seharga $20 atau lebih (seperti pakaian, sepatu, tas, dan sebagainya).

Dan sekarang ada smartphone. Dengan lebih dari 100 juta smartphone yang dilengkapi dengan NFC di tahun 2012 dan lebih dari 1 milyar akan diprediksi 4 tahun ke depannya, tentunya dengan NFC ini, konsumen dapat melakukan belanja produk, membandingkan produk, dan pembayaran dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi NFC menjadi lebih umum.

Sekali kita mengadopsi layanan NFC untuk suatu produk atau barang-barang konsumen, akan lebih banyak lagi pemanfaatan NFC ini di berbagai keperluan dan tempat : semua objek akan memiliki Tag NFC. Dan ini tentunya menjadi kekuatan yang transformatif untuk semua aplikasi NFC.

Salah satu contohnya, semua mobil akan memiliki Tag NFC yang terpasang, berisi spesifikasi, statistik dan web link untuk informasi lebih rinci mengenai kendaraan tersebut. Sementara pihak pengendara bermotor mempromosikan produk yang mereka beli, pengalaman mereka mengendarai produk tersebut ke konsumen-konsumen lain, informasi yang diperoleh dengan pemanfaatan NFC ini dapat digunakan oleh perusahaan rental mobil, taxi dan layanan angkutan umum dan armada lainnya agar selalu menjaga layanan dan kualitas dari produk dan aset mereka.

Dan tentunya, ini dapat dimanfaatkan di perusahaan bidang produksi juga. Mesin-mesin dan peralatan yang akan dijual ke perusahaan atau produsen manufaktur, akan dipasang Tag NFC. Setiap peralatan itu digunakan, tag tersebut dapat digunakan ketika proses produksi : pekerja dapat memeriksa kinerja mesin tersebut dan mencatat proses yang sedang berjalan.

Tag NFC di berbagai objek akan mengganti keamanan barang dagangan. Merchandise akan dipasang alarm selama tag NFC yang terpasang di produk tersebut belum ditulis oleh perangkat NFC si pembeli atau pekerja toko. Smartphone pembeli akan menulis tag yang menerangkan bahwa produk tersbut telah dibeli.

Ketika produk tersebut telah dibeli dan dibawa ke rumah, ketersediaan tag yang berada di setiap barang dapat membuat NFC di smartphone memberitahukan atau menjadi petunjuk di mana lokasi smartphone tersebut. Sebagai contoh, ketika meja kerja atau meja kantormu terpasang tag NFC dan ketika itu juga anda meletakkan smartphone di dekat tag tersebut atau berada dalam jangkauan tag tersebut, ini memungkinkan smartphone tersebut berganti modus secara otomatis menjadi “modus kantor” (misalnya : suara nada dering jadi modus tenang dan wifi menyala dan otomatis menggunakan akses internet kantor). Dan ketika anda berkendara, anda meletakkan smartphone anda di dekat stiker NFC di mobil anda, dan secara otomatis smartphone anda berganti modus menjadi “modus berkendara” (di mana semua device Android memiliki modus-modus tersebut).

Dan pada saat anda tiba di rumah sambil memegang smartphonemu yang didekatkan ke pintu yang terpasang tag NFC, dan secara otomatis pengaman pintu elektronik akan terlepas dan pintupun terbuka, dan tidak hanya itu, ini juga mengubah secara otomatis modus smartphone anda menjadi “modus rumah”, menyalakan koneksi wifi dan secara otomatis terkoneksi dengan jaringan internet di rumah dan menjalankan otomatis aplikasi yang terkoneksi dengan server di rumah anda yang dapat menyalakan otomatis lampu-lampu di rumah anda, menutup garasi dan pintu pagar. Dan ketika anda ke dapur, anda dapat meletakkan smartphonemu di meja dapur, dan di meja itu pula anda meletakkan berbagai bahan masakan yang terpasang Tag NFC, dan ketika itupula smartphone dengan cerdasnya mengenali setiap bahan masakan dan mencarikan resep masakan yang cocok dengan bahan masakan tersebut, dan tentunya anda dapat dengan mudah menyiapkan makanan kesukaan di rumah. Dan ketika malam tiba, anda meletakkan smartphone anda di meja kamar tidur, dans ecara otomatis menyalakan aplikasi alarm agar anda bangun pagi.

NFC tentunya menjadi prediksi jangka panjang di masa depan tentang “internet of things”, mengubah paradigma kita dan cara berinteraksi dengan dunia dengan cara yang halus namun meresap (pervasive ways).

Referensi :

 
Leave a comment

Posted by on December 19, 2011 in Android, Computer, Internet

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: