RSS

Game sederhana Sudoku dan solvernya dengan metode algoritma Backtracking

04 Jun

Beberapa hari yang lalu temen minta bantu buatin game sudoku, ok..saya terima.
Saya coba-coba contoh game sudoku yang ada di code.google.com

Namun ternyata setelah itu, dosen dia meminta dia untuk ditambahin “penguatan tema skripsi” yang membuat skripsi tersebut lebih berbobot.

Terpikirlah oleh dia untuk menambahkan Solving problem masalah sudoku. Namun ternyata dia bingung…hahaha.
Dengan agak lama saya coba pelajari metode apa yang bisa dipakai untuk game sudoku tersebut.

Diapun bilang : “wid, coba metode Backtracking”

Ok..well, saya coba baca-baca ternyata gak ngerti..wakakakak..
Akhirnya terus berangsur-angsur saya coba pahami beberapa hal mengenai algoritma backtracking secara umum dari googling.

Dan kemudian game sudoku yang tadinya saya pelajari dari code.google, bisa bertahap saya tambahkan function backtracking.

Berikut gamenya :

Kalau mau nyobain di Android : silahkan download 😀

Game ini sudah ada fitur musik, problem solving sudoku dengan backtracking, dan level (mudah, sedang, sulit)

Kalau ada waktu, saya kembangin lagi deh😀

 
8 Comments

Posted by on June 4, 2011 in Android

 

Tags: , , , , , , , , ,

8 responses to “Game sederhana Sudoku dan solvernya dengan metode algoritma Backtracking

  1. edo

    September 22, 2011 at 11:32 am

    gan bagi source code nya dong.,.,
    ane mau pelajarin,,,heheh

     
    • yzwd

      October 16, 2011 at 4:41 pm

      bikin lagi aja, gan..coba liat contoh2 game sudoku di code.google.com, terus modifikasi dan kembangkan lagi😀

       
  2. rey

    September 26, 2011 at 12:28 pm

    pembuatan aplikasi game ni pake apa?pake eclips kah?

     
    • yzwd

      October 16, 2011 at 4:40 pm

      iya, mas, memakai Eclipse IDE Indigo

       
  3. minstal91

    March 11, 2012 at 2:29 pm

    minta source code buat android donk…..
    kalu android pke eclipse ide galileo bukan??

     
    • WdYz

      March 15, 2012 at 10:34 pm

      Yup, pake Eclipse IDE. Source code-nya mau buat apa y?

       
  4. minstal91

    April 17, 2012 at 3:03 pm

    buat game sudoku…msih gak ngerti…
    nyari di google code tambah ga ngerti…
    classnya bnyak bgt..
    tolong confirm fb sya..
    sngat butuh bntuan…
    untuk tgas akhir soalnya
    dosen ga da yg bisa ditanyain…T.T

     
  5. minstal91

    April 17, 2012 at 3:06 pm

    nma fb sya Vir Dha…
    trma ksih sblumnya…

     

Leave a Reply

 
